Featured Post

Tutorial Cara Memindahkan Data Obb Ke Sdcard No Root 100% Work

Penjelasan Domain dan Hosting


Mengenai domain dan hosting karena masih banyak yang belum paham apa itu domain dan apa itu hosting, berikut pembahasan domain yang bisa membantu sobat dalam proses optimasi.

Jika membangun website kita ibaratkan dengan membangun sebuah rumah, maka domain adalah alamat rumah, hosting merupakan lahan rumah tersebut akan dibangun. Semakin besar lahan tentu akan semakin besar rumah yang bisa anda bangun. Begitu juga dengan hosting, semakin besar space hosting semakin besar juga website yang bisa sobat bangun dalam artian semakin banyak konten yang bisa sobat tampilkan di dalam website.

Berikut pengertian resminya:

Pengertian Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server. Gunanya untuk mempermudah pengguna internet dalam mengakses server. Denganadanya nama domain, pengunjung website tidak perlu menghafal nomor IP server. IP server adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan internet.

Satu nama domain hanya bisa digunakan untuk satu website. Karena itu, sobat perlu mengunci nama-nama domain yang memang penting untuk sobat, seperti domain dengan nama sobat yang berguna untuk personal branding, juga domain dengan nama bisnis atau brand bisnis sobat.

Istilah-istilah lain yang masih berhubungan dengan domain:

1. Subdomain  adalah bagian dari domain utama yang dapat dibuat sebanyak mungkin dan menampilkan tampilan yang berbeda dengan yang di tampilkan domain utama karena subdomain berdiri sendiri. Dengan kata lain subdomain merupakan website yang berbeda dengan domain utama. Contoh subdomain adalah member.klikkarba.xyz, yang merupakan subdomain dari klikkarba.xyz. Jika sobat membuka member.klikkarba.xyz maka sobat akan menemukan website yang berbeda dengan domain utamanya yaitu. Klikkarba.xyz.

2. Addon domain adalah domain berbeda yang ditambahkan ke dalam hosting domain utama dan diarahkan ke sub direktori. Dengan kata lain Addon domain adalah domain yang menumpang hosting pada domain utama. Addon domain juga berdiri sendiri dan merupakan website yang berbeda dengan website utama.

3. Parked domain adalah domain yang diparkirkan di atas domain utama, jika sobat mengakses Parked domain maka website yang akan ditampilkan adalah website domain utama.

Hosting adalah tempat penyimpanan database sebuah website, jika domain adalah alamatnya, maka hosting adalah lahan yang siap dibuat bangunan berbentuk website.

Istilah-istilah lain yang berhubungan dengan hosting:

1. Space hosting adalah besarnya kapasitas tempat penyimpanan data. Semakin besar space hosting semakin banyak data yang bisa disimpan. Jika kembali diibaratkan sebuah lahan, maka space hosting adalah ini adalah luas lahan yang ingin dibangun.

2. Bandwidth adalah kapasitas maksimum data transfer atau data yang masuk pada web. Bandwidth akan terus berkurang setiap kali website diakses. Jika kuota bandwith habis maka website tidak bisa diakses. Kuota bandwidth akan restart ke awal setiap bulannya, apabila dipertengahan bulan habis, sobat perlu menghubungi pihak penyedia hosting untuk menambah kuotanya.

Komentar